Senin, 17 September 2012

SIFAT-SIFAT SEORANG DA'I

                                                                   DAKWAH 
Pada intinya Dakwah itu usaha (on going proses), tujuan utamanya merubah pemahaman , sikap, perilaku mad’u kearah yang sesuai dengan pesan dakwah dalam rangka memperoleh Ridha Allah. Dibawah ini saya cantumkan sifat-sifat seorang da’i yang baik sesuai dengan informasi yang saya temukan.......... semoga bisa bermanfaat. 
1. SIFAT-SIFAT SEORANG DA’I 
1. Iman Dan Taqwa Kepada Allah 
Syarat yang terpenting adalah iman dan taqwa kepada Allah. Oleh karena itu didalam membawakan misi dakwahnya diharuskan terlebih dahulu dapat memerangi hawa nafsunya, sehingga diri pribadi bisa lebih taat kepada Allah dan Rasulnya dibandingkan dengan mad’u yuang menjadi sasarannya. 
2. Tulus Ikhlas Dan Tidak Mementingkan Kepentingan Diri Pribadi 
Niat yang lurus tanpa pamrih merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki seorang da’I. Sebab dakwah adalah pekerjaan yang sifatnya mengajak umat berdasarkan ajaran islam menuju kepada kebaikan dan kebahagiaan dunia akhirat atau terkenal dengan hablullah,yakni amal perbuatan yang berhubungan dengan Allah 
3. Ramah Dan Penuh Pengertian 
Propaganda yang dapat diterima orang lain, apabila yang mempropagandakan berlaku ramah, sopan dan rigan tangan untuk melayani sasarannya, karena keramahan, kesopanan dan keringan-tanganannya insya-Allah akan berhasil dakwahnya. 
4. Tawadlu’ (Rendah Diri) 
Rendah diri hati bukan semata-mata merasa dirinya terhina dibandingkan dengan derajat dan martabat orang lain, akan tetapi seorang da’I yang sopan, tidak sombong dan tidak suka menghina dan mencela orang lain. 
5. Sederhana Dan Jujur 
Sederhana bukanlah berarti didalam kehidupan sehari-hari selalu ekonomis dalam memenuhi kebutuhannya, akan tetapi sederhana disini tidak bermegah-megahan, angkuh dan sebagainya, sedangkan kejujuran adalah orang yang percaya akan ajakannya dan dapat mengikuti ajakan dirinya. 
6. Tidak Memiliki Sifat Egoisme 
Ego adalah watak yang menonjolkan akunya, angkuh dalam pergaulan merasa dirinya terhormat, lebih pandai, dan sebagainya. Sifat inilah yang harus dijauhi betul-betul oleh seorang da’I . 
7. Sifat Semangat 
Semangat berjuang harus dimiliki oleh da’I, sebab dengan sifat ini orang akan trerhindar dari rasa putus asa, kecewa, dan sebagainya.
8. Sabar Dan Tawakal 
Dalam melaksanakan dakwah mengalami beberapa hambatan dan cobaan hendaklah sabar dan tawakan kepada Allah. 
9. Memiliki Jiwa Toleran 
Dimana tempat da’I dapat mengadaptasikan dirinya dalam artian posisi. 
10. Sifat Terbuka 
Apabila ada kritik dan sara hendaknya diterima dengan gembira, mengalami kesulitan yang sanggup memusyawarahkan dan tidak berpegang tangan kepada idenya sendiri. 
11. Tidak Memiliki Penyakit Hati 
Sombong, dengki, ujub, dan iri haruslah disingkirkan dalam hati sanubari yang hendak berdakwah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar